Membaca dari Alam

 0
Membaca dari Alamby Administratoron.Membaca dari Alam(وَفِی ٱلۡأَرۡضِ ءَایَـٰتࣱ لِّلۡمُوقِنِینَ ۝ وَفِیۤ أَنفُسِكُمۡۚ أَفَلَا تُبۡصِرُونَ) [Surat Adz-Dzariyat 20 – 21] “Dan di bumi ada tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang yakin, juga pada diri kalian, apakah kalian tidak memperhatikan?” Alam semesta, lingkungan hidup manusia, bahkan diri manusia sendiri adalah sarana dan alat peraga pembelajaran yang Allah SWT ciptakan bagi manusia. Diciptakan […]

(وَفِی ٱلۡأَرۡضِ ءَایَـٰتࣱ لِّلۡمُوقِنِینَ ۝ وَفِیۤ أَنفُسِكُمۡۚ أَفَلَا تُبۡصِرُونَ)

[Surat Adz-Dzariyat 20 – 21]
“Dan di bumi ada tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang yakin, juga pada diri kalian, apakah kalian tidak memperhatikan?”

Alam semesta, lingkungan hidup manusia, bahkan diri manusia sendiri adalah sarana dan alat peraga pembelajaran yang Allah SWT ciptakan bagi manusia. Diciptakan agar manusia membaca dan mendapatkan bahwa hanya Dzat Yang Kuasa yang dapat mengadakannya.

Belajar sains langsung dari alam akan memberikan pengalaman yang berkesan dalam diri anak-anak. Dengan membaca keindahan aneka ragam makhluk ciptaan Allah, akan tumbuh kekaguman pada Sang Pencipta, sehingga keyakinan bahwa tiada yang dapat menciptakannya kecuali Dia menghunjam dalam hati. Ketika kekaguman itu hadir, akan lahir ketundukan pada-Nya yang diikuti rasa syukur dalam diri mereka.

Seperti biasa, pembelajaran sains Jumat ini, kelas VII SMP Integral Hidayatullah Putri YPPH Depok memanfaatkan alam sebagai sumber belajar untuk materi ekosistem.
Walaupun halaman mahad telah mereka jelajahi setiap hari, tetap ada hal-hal menarik ketika pembelajaran dilakukan secara terstruktur.

Kali ini mereka menikmati menggali informasi, mengklasifikasi, mencari bukti, dan berdiskusi tentang komponen ekosistem langsung di alam. Mereka juga mendapatkan tugas menyusun jaring-jaring makanan dan menganalisa apabila salah satu komponen tersebut terganggu.

Dengan pengalaman langsung mengamati dan menikmati alam, diharapkan kepekaan anak-anak pada kelestarian lingkungan terus tumbuh, sehingga pohon ilmu mereka berbuah amal sholih yang membawa kemaslahatan ummat.

Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya dengan presentasi tugas yang telah mereka susun di hadapan teman-teman antarkelompok.

#pendidikanintegralberbasistauhid
#sekolahqur’andanteknologi
# cintabumi

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply