Kebenaran

 0
Kebenaranby Hanif Seon.KebenaranKehidupan di dunia ini terdiri dari dua pilihan, yaitu kebaikan dan kebatilan. Terkadang kita sulit membedakan antara kebaikan dan kebatilan. Jika kita mau berfikir secara mendalam, maka pada hakikatnya kebaikan dan kebatilan tampak jelas sekali perbedaannya. Akan tetapi jika kita tidak memikirkannya secara teliti dan benar, maka terasa sulit sekali membedakan antara dua hal tersebut. […]
Kehidupan di dunia ini terdiri dari dua pilihan, yaitu kebaikan dan kebatilan. Terkadang kita sulit membedakan antara kebaikan dan kebatilan. Jika kita mau berfikir secara mendalam, maka pada hakikatnya kebaikan dan kebatilan tampak jelas sekali perbedaannya. Akan tetapi jika kita tidak memikirkannya secara teliti dan benar, maka terasa sulit sekali membedakan antara dua hal tersebut. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan hawa nafsu kita yang kadang akan mendorong kita ke jurang kehinaan, karena hawa nafsu lebih condong kepada kebatilan.
Terkadang kita memiliki rasa bersalah atas perbuatan yang kita telah lakukan dan kadang pula kita merasa bahagia sekali dengan apa yang kita telah perbuat. Dari sini kita sudah mengetahui mana perbuatan yang batil dan mana perbuatan baik, yang pada akhirnya jika kita melakukan kebaikan maka kebahagiaan telah menunggu kita, walaupun untuk melakukan perbuatan kebaikan itu sulit dan penuh cobaan. Sedangkan jika kita melakukan perbuatan batil, maka penyesalan yang tiada tara akan selalu menghantui perasaan kita, walaupun untuk melalukannya sangat mudah dan tak pernah ada cobaan serta rintangan.
Perbuatan kebaikan biasanya akan menenangkan hati seseorang yang melakukannya. Ia tidak merasa gundah untuk melaksanakannya dan bahkan kenikmatan yang ia alami akan terasa abadi. Namun, jika perbuatan batil, yang ada hanyalah kesesatan dan keburukan, mulai dari hatinya terus-menerus bergemuruh, selalu gundah disaat melakukannya, hingga terkesan menyesali perbuatannya. Itu dikarenakan kenikmatan yang ia dapati hanyalah sesaat, lalu ia pun akan mendapatkan balasan setimpal dengan apa yang telah dijanjikan oleh Allah.
Dua pilihan ini erat hubungannya dengan balasan dari Allah, yaitu pahala dan dosa. Jika kita melakukan kebaikan maka pahala Allah yang indah itulah yang akan menemani kita di akhirat kelak, namun jika kita berbuat kebatilan, maka kita pun akan dinanti oleh azab Allah yang begitu kerasnya. Allah tidak akan mengurangi sedikitpun pahala yang kita raih, dan Allah pun tidak akan memperbanyak dosa yang kita lakukan, karena Allah adalah Maha Adil dan tidak ada satupun makhluk di alam ini yang menyamaiNya.
Kebaikan dan kebatilan yang dilakukan oleh manusia sangat kental kaitannya dengan hubungannya kepada Allah dan makhluk Allah yang lainnya. Bagaimana ia menyerahkan diri sepenuhnya sebagai seorang hamba Allah, apakah ia akan melakukan segala apa yang diperintahkan Allah dan menjauhi segala apa yang dilarang oleh Allah, ataukah sebaliknya?. Kemudian bagaimana ia berinterakasi dengan sesama makhluk Allah, karena manusia adalah makhluk sosial, apakah ia akan memperindah dan melestarikan dunia ini, serta menjadikannya sebagai sumber ilmu yang bermanfaat dalam segala hal, lalu semua itu sebagai sarana kesyukuran atas segala nikmatNya, atau malah sebaliknya?.
Berbeda dengan kebatilan, Allah tidak mencatat niat amalan batil sebelum ia melakukan perbuatan tersebut, namun jika ia melakukan perbuatan tersebut maka niat dan perbuatannya pun akan sama-sama mendapatkan ganjaran yang setimpal. Disinilah keindahan islam, islam sangat menyayangi pemeluknya. Jika islam sudah mencatat niat amalan batil seseorang sebelum ia melakukan perbuatan tersebut, maka niscaya berat sekali bagi pemeluknya. Oleh karena itu kesyukuran yang paling tinggi dan hebat adalah kesyukuran atas nikmat islam yang telah tertanam di dalam diri kita masing-masing.
Oleh karena itu, mulailah dari diri sendiri, dari hal yang kecil, dan dari saat ini untuk menjadikan segala hal dan tingkah laku sebagai suatu sarana untuk berbuat kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain. Karena kebenaran adalah perbuatan yang amat indah sedangkan keburukan adalah perbuatan yang tercela

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply