Seminar Membangun Peradaban Islam

 0
Seminar Membangun Peradaban Islamby Hanif Seon.Seminar Membangun Peradaban IslamVisi membangun peradaban islam yang ditetapkan oleh Hidayatullah sebagi organisasi masa dengan mainstren, pendidikan dan dakwah merupakan sarana efektif bagi individu dan kolektif dalam mencapai kesalehan social. Wacana peradaban islam telah ramai dibahas diberbagai kesempatan dan kalangan dewasa ini. Tidak saja di dunia muslim tetapi juga di barat. bahkan dalam beberapa catatan intelektual muslim kotenporer […]
Visi membangun peradaban islam yang ditetapkan oleh Hidayatullah sebagi organisasi masa dengan mainstren, pendidikan dan dakwah merupakan sarana efektif bagi individu dan kolektif dalam mencapai kesalehan social.
Wacana peradaban islam telah ramai dibahas diberbagai kesempatan dan kalangan dewasa ini. Tidak saja di dunia muslim tetapi juga di barat. bahkan dalam beberapa catatan intelektual muslim kotenporer kesadaran barat dalam mengangkat, menkaji peradaban islam kini kian intens dan masih. Akan tetapi hal tersebut belum dilakukan secara adil sehinga wajah berpradaban islam bagi meraka masih tampak kabur dan absur. 
Inisiasi-Hidayatullah Institute for Islamic Civilization studies and Defelopment sebagai wadah dalam menkaji dan menyuarakan peradaban islam mengelar seminar Nasional 28/1/2012 di Auditorium Universitas Al-Ahzar Jakarta.
Seminar yang dihadiri ratusan perserta rakornas Hidayatullah, Ormas islam, pejabat public, ulama dan juga LSM ini  dimulai pada pukul 09:00-15:00 yang di bagi dalam dua sesi. Sesi pertama “Membangun Peradaban Islam“ Dr. Abdul Mannan, MM PP Hidayatullah sebagai Keynot Speaker. 
Ungkap Mannan dalam penyampaiannya, Peradaban adalah  manifestasi keyakinan dalam setiap aspek kehidupan manusia. Dengan demikian peradaban Islam juga dapat didefinisikan, yakni manifestasi keyakinan Islam (tawhid) dalam setiap aspek kehidupan Muslim.
Pada sesi pertama ini menghadirkan narasumber“ Irman Gusman, SE, MBA Ketua DPD RI. Prof. Dr. H. Nazaruddin Umar,MA, wakil mentri agama RI, Ir. H Isran Noor, Msi Ketua umum APKASI/ Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia dan  Burhaniddin Muhtadi, MAPS. MA Dosen ilmu politik dan social UIN Syarif hidayatullah Jakarta.
Sesi ke dua dimulai pada pukul 13.00 setelah shalat zuhur berjamaah di Masjid Al-Ahzar yang dilanjutkan makan siang bareng. Sesi ini bertemakan “Menata Indonesia Masa Depan dengan Al-Quran” di isi oleh Ust. Yusuf Mansur Pimpinan PPPA Darul Qur’an, Dr. Adian Husaini, MA peneliti Insist dan dosen pasca sarjana Universitas Ibnu Khaldun Bogor dan Ust. Suharsono Direktur Inisiasi-Hidayatullah sebagai peyelengara yang juga sebenarnya bedah buku dari karyanya yang terbaru.
Untuk lebih jelas info detailnya Inisiasi-Hidayatullah, penulis dan buku “Menata Indonesia Masa Depan dengan Al-quran” bisa hadir pada halaqoh “Cofe Morning Peradaban”  dimulai setelah shalat subuh setiap hari sabtu pagi di plataran Masjid Ummul Qura’ Pondok Pesantren Hidayatullah Depok sekaligus sebagai ajang silaturahmi, ngumpul dan santai ditemani dengan secangkir kopi dan makanan ringan berbaur ria bersama Pengurus yayasan, jamaah dan masyarakat sekitar. Sehingga suasana dikusi terasa cair dan juga di selingi dengan guyon. Hal ini harapkan agar tidak mudah jenuh dan bosan. Kami tunggu kehaadirannya** Mohammad Khomaini Alumnus STIE Hidayatullah/ Kepala Kantor YPPH Depok

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply