Kewajiban Orang Tua

 0
Kewajiban Orang Tuaby Redaksi Hidayatullahdepok.orgon.Kewajiban Orang TuaDari Abu Hurairah ra, Nabi saw bersabda, “Sesungguhnya kewajiban orang tua dalam memenuhi hak anak itu ada tiga, yakni: Pertama, memberi nama yang baik ketika lahir. Kedua, mendidiknya dengan al-Qur’an dan ketiga, mengawinkan ketika menginjak dewasa.” Subhanallah, Sungguh tugas yang amat berat menjadi ortu. Kewajiban Level Pertama Ketika ANAK lahir, ORTU harus memberi nama. Inipun […]

kewajiban-orang-tuaDari Abu Hurairah ra, Nabi saw bersabda, “Sesungguhnya kewajiban orang tua dalam memenuhi hak anak itu ada tiga, yakni:
Pertama, memberi nama yang baik ketika lahir.
Kedua, mendidiknya dengan al-Qur’an dan
ketiga, mengawinkan ketika menginjak dewasa.”
Subhanallah, Sungguh tugas yang amat berat menjadi ortu.

Kewajiban Level Pertama
Ketika ANAK lahir, ORTU harus memberi nama.
Inipun bukan hal yang main-main. Bukan Sekedar memilih nama. Tapi, nama adalah doa. Di mana setiap orang memanggilnya, berarti mendoakan.

Kewajiban Level Kedua
Ketika usia sekolah, orang tua pun disibukkan memilih sekolah. Tapi, dari hadits di atas, rasul telah mensyaratkan bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mengajarkan alquran, yang mengintegrasikan materi dengan dalil (alquran dan alhadits). Dan ciri pendidikan alquran adalah mendidik berbasis tauhid, dengan indikator ALLAH ORIENTED.

Kewajiban Level Ketiga
Dan kewajiban yang terakhir adalah menikahkan anak jika sudah dewasa. Inipun bukanlah masalah yang mudah. Menikah adalah menggenapkan 1/2 DIIN, agar menjadi DIIN yang benar. Dan setiap ortu pasti menginginkan pasangan yang bisa membawa anaknya menuju kebaikan dunia dan akhirat.

Wahai para orang tua, sudah sampai level manakah kewajibanmu? Alhamdulillah, saat ini sudah memasuki proses level 2 awal. Namun, meski ananda baru di usia sekolah, saya memiliki banyak keponakan yg sdh memasuki usia dewasa…
Nah, akhirnya, saya pun sdh memasuki (latihan) level 3 dg perasaan yg (ikutan) dag-dig-dug.
Saya mencoba mendalami perasaan ini. Sungguh, hanya Allah yang mengetahui umur, rizki dan jodoh.
Tapi, ingat Allah tidak akan merubah nasib seseorang hingga ia sendiri yang merubahnya.

Semoga Allah selalu memberikan kemudahan dalam setiap urusan kakak-kakakku, khususnya yang sdh memasuki level 3.

To be continued … (insya Allah).

Teks: Neny Setyawati
Kepala Sekolah SD Integral Hidayatullah Depok

 

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply