Bangun Moral Positif, Hidayatullah Depok Gagas Hari Bercerita

 0
Bangun Moral Positif, Hidayatullah Depok Gagas Hari Berceritaby Redaksi Hidayatullahdepok.orgon.Bangun Moral Positif, Hidayatullah Depok Gagas Hari BerceritaKISAH sejarah Nabi dan sejarah heroik perjalanan Islam lainnya adalah serangkaian fakta positif yang hendaknya ditransformasikan dalam bentuk dongeng atau cerita kepada para pendengar yang di dalamnya terdapat pesan moral positif yang mendidik. Berangkat dari pemikiran tersebut, sekolah di lingkungan Kampus Terpadu Hidayatullah Kota Depok, Jawa Barat, secara rutin menggelar kegiatan berdongeng atau berkisah yang […]

11174854_950877951611134_447420056530398764_n KISAH sejarah Nabi dan sejarah heroik perjalanan Islam lainnya adalah serangkaian fakta positif yang hendaknya ditransformasikan dalam bentuk dongeng atau cerita kepada para pendengar yang di dalamnya terdapat pesan moral positif yang mendidik.

Berangkat dari pemikiran tersebut, sekolah di lingkungan Kampus Terpadu Hidayatullah Kota Depok, Jawa Barat, secara rutin menggelar kegiatan berdongeng atau berkisah yang diikuti oleh seluruh peserta didik. Nama kegiatan rutin ini adalah HARI KITA BERCERITA.

Kendati mungkin dinilai sederhana, namun anak-anak biasanya sangat serius mendengar kisah, apalagi kalau menarik. Dengan begitu maka alangkah baik jika cerita yang disampaikan memiliki efek positif yang tinggi bagi perkembangan mental anak-anak.

Salah seorang guru SD Hidayatullah Depok, Bapak Tri Winarno, yang menjadi PJ kegiatan ini, mengatakan kisah yang menarik kepada anak memang membutuhkan keterampilan khusus agar dapat tersampaikan dengan baik.

“Harus sesuai dengan minat anak-anak. Kita harus bisa menyampaikan cerita, kontrol volume dan memainkan intonasi suara, bahkan sebaiknya mampu menirukan suara mau11200914_950877854944477_1450467721958417132_opun perilaku tiap-tiap karakter yang ada dalam cerita perlu diperhatikan,” kata Winarno.

Dia menambahkan, jika setiap anak bisa memahami pesan di baliknya dan menikmati dongeng yang kita bawakan, maka itu tandanya bahwa kita sudah berhasil.

Kegiatan Hari Bercerita di SD Hidayatullah Depok ini digelar setiap hari Senin pukul 09.00 hingga 09.30 WIB. Siswa bergantian mendapatkan cerita dari guru.

Mereka juga secara bergantian mendapat giliran untuk mendengarkan kisah Nabi, sahabat, dan hikmah pada jam istrirahat. Dan, mereka juga dipergilirkan untuk bisa tampil di depan mengungkapkan hikmah dan pesan moral yang didapatkan.

Untuk mengoptimalkan cerita, maka perlu dibagi kelas yakni Kelas 1 dengan Kelas 2, Kelas 3 dengan kelas 4, Kelas 5 dengan kelas 6.

Tampak anak-anak pun antusias mendengarkan apalagi menjawab pertanyaan dari kisah yang diceritakan. Siswa yang bisa menjawab, maka akan mendapatkan hadiah. (ns/hio)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply