Murid SD Integral Hidayatullah Depok Dalami Rukun Islam Sambil Tunaikan Zakat

 0
Murid SD Integral Hidayatullah Depok Dalami Rukun Islam Sambil Tunaikan Zakatby Yacong B Halikeon.Murid SD Integral Hidayatullah Depok Dalami Rukun Islam Sambil Tunaikan ZakatMurid Sekolah Dasar Integral Pondok Pesantren Hidayatullah Depok menunaikan zakat secara serempak yang diterima oleh sejumlah petugas resmi dari Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) dan Panitia Ramadhan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok digelar pada hari ini, Senin, 20 Mei 2019. Momentum Ramadhan ini sekaligus menjadi wadah pendalaman dalam pembelajaran materi tentang Rukun […]

Murid Sekolah Dasar Integral Pondok Pesantren Hidayatullah Depok menunaikan zakat secara serempak yang diterima oleh sejumlah petugas resmi dari Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) dan Panitia Ramadhan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok digelar pada hari ini, Senin, 20 Mei 2019.

Momentum Ramadhan ini sekaligus menjadi wadah pendalaman dalam pembelajaran materi tentang Rukun Islam yang hendaknya menjadi bagian yang terintegrasi dengan karakteristik di setiap aspek kehidupan mereka.

Kepala sekolah SDI Hidayatullah Depok, Ustadz Abdurrahman Hakim, yang turut menyaksikan kegiatan tersebut mengatakan kegiatan tersebut memuat pesan edukasi yang diharapkan semakin menumbuhkan jiwa solidaritas murid yang ditanamkan sejak kecil.

Pada kesempatan tersebut, panitia penerimaan ZISWAF Ramadhan Pesantren Hiadyatullah Depok memberikan pengetahuan kepada murid-murid bahwa selain melaksanakan ibadah puasa, salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Islam pada bulan Ramadhan adalah mengeluarkan zakat fitrah.

Diterangkan bahwa waktu yang paling utama mengeluarkan zakat fitrah adalah di akhir Ramadhan, walau mengeluarkannya di awal atau pertengahan Ramadhan juga memiliki nilai keutamaan misalnya untuk memudahkan pendistribusiannya.

Anak-anak pun semakin memhamai bahwa zakat fitrah berfungsi untuk menyempurnakan ibadah puasa agar manusia kembali kepada kesucian (fitrah), sebagai penghapus dosa, mendidik manusia untuk mau saling berbagi, dan peduli terhadap kesulitan orang lain.

Ustadz Abdurrahman Hakim menambahkan, kegiatan tunaikan zakat ini adalah merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Hal ini menurutnya merupakan bagian dari pendidikan karakter melalui kegiatan pengumpulan zakat fitrah yang melibatkan anak-anak dimana mereka menyerahkan zakatnya langsung.

Lewat kegiatan ini, anak-anak dilatih agar sejak dini memahami akan kewajiban umat muslim dalam membayar zakat fitrah.

“Lebih dari itu, substansi dari kegiatan ini adalah meneguhkan jiwa filantropi setiap peserta didik. Yaitu, bagaimana mereka semakin memahami dan menyadari bahwa berbagi kebaikan adalah sebuah kebahagiaan. Karena itu kita angkat motto: Bahagia berbagi, berbagi bahagia,” kata Abdurrahman memungkasi.

Di akhir acara, Ust Abdurrahman mendorong setiap anak-anaknya selalu membangun kebiasaan berbuat baik tidak saja di bulan Ramadhan. Kebaikan tidak saja dengan memberi bingkisan, namun ada banyak macamnya termasuk, misalnya, membantu kawan yang terjatuh, menolong ayah dan bunda dan lain sebagainya.

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply