SMP Integral Hidayatullah Depok Putri kunjungi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

 0
SMP Integral Hidayatullah Depok Putri kunjungi Perpustakaan Nasional Republik Indonesiaby Administratoron.SMP Integral Hidayatullah Depok Putri kunjungi Perpustakaan Nasional Republik IndonesiaPerpustakaan Nasional di Jl. Merdeka Selatan ditengarai sebagai perpustakaan tertinggi di dunia. Gedung yang terdiri dari 24 lantai ini menjadi salah satu destinasi menarik bagi warga ibu kota dan sekitarnya. Tanggal 21 November 2019, dua pekan sebelum dilaksanakannya PAS, Murid-murid SMP Integral Putri Hidayatullah Depok melakukan kunjungan literasi ke Perpustakaan Nasional, Jakarta. Kunjungan literasi adalah […]

Perpustakaan Nasional di Jl. Merdeka Selatan ditengarai sebagai perpustakaan tertinggi di dunia. Gedung yang terdiri dari 24 lantai ini menjadi salah satu destinasi menarik bagi warga ibu kota dan sekitarnya.

Tanggal 21 November 2019, dua pekan sebelum dilaksanakannya PAS, Murid-murid SMP Integral Putri Hidayatullah Depok melakukan kunjungan literasi ke Perpustakaan Nasional, Jakarta.

Kunjungan literasi adalah program rutin sekolah pertiga bulan. Kegiatan mengunjungi perpustakaan, penerbit, dan atau percetakan ini bertujuan untuk membangun budaya literasi di kalangan warga sekolah.

Kunjungan literasi kedua kali ini tidak hanya memberikan pengalaman membaca kepada murid, mereka juga diajarkan bagaimana berkomunikasi langsung kepada petugas perpustakaan/pustakawan agar mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Pengalaman dan pembelajaran lain dalam kunjungan literasi kali ini juga tentang menggunakan alat transportasi umum. Sekolah sengaja tidak menyewa bus, tetapi memilih menggunakan kereta api dalam kota dari stasiun Depok menuju stasiun Gondangdia dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju perpustakaan nasional.

Dengan berjalan kaki dari stasiun Gondangdia menuju perpusnas, murid-murid dapat melihat dan berpose di depan gedung-gedung perkantoran yang mereka lewati. “Wah, ini ternyata kantornya Anies Baswedan,” celetuk seorang murid dengan sumringah ketika melewati balai kota Jakarta. Ketika perjalanan pulang dan melewati kantor duta besar Amerika di Jakarta, mereka terheran-heran melihat dua lapis pagar beton yang melingkupi gedung.
“Seperti penjara saja,” gumam seorang murid lainnya.

Murid-murid antusias menjajaki setiap lantai di gedung perpusnas. Kartu anggota yang telah mereka cetak yang sebelumnya didaftarkan secara online sehari sebelum keberangkatan, membuat mereka percaya diri menelusuri fasilitas informasi yang tersedia perpusnas.

Budaya literasi di SMP Integral Putri Hidayatullah Depok tidak saja dibangun dengan melakukan kunjungan ke perpustakaan ataupun penerbit, tapi juga dengan keharusan membaca buku yang tersedia di sekolah dan membuat sinopsis dari buku yang mereka baca. Di samping itu, sekolah juga memprogramkan lomba-lomba yang berkaitan dengan tulis menulis untuk guru dan murid.

SMP Integral Putri Hidayatullah Depok yang menargetkan lulusannya memiliki 10 juz hapalan Al-quran, memiliki keterampilan dasar kewanitaan, peduli lingkungan, dan cinta ilmu ini, hanya menerima satu kelas saja untuk tahun ajaran 2020/2021.

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply