Musyawarah Kerja; Tingkatkan Mutu Pendidikan & Dakwah

 0
Musyawarah Kerja; Tingkatkan Mutu Pendidikan & Dakwahby Admin3on.Musyawarah Kerja; Tingkatkan Mutu Pendidikan & DakwahPondok Pesantren Hidayatullah Depok – Begitu sempurnanya ajaran Islam sehingga seluruh aspek dalam kehidupan manusia, baik aspek ibadah (hubungan manusia dengan Allah SWT) maupun aspek muamalah (hubungan manusia dengan sesama manusia), baik perkara yang sepele maupun yang berat sudah diatur dalam petunjuk kehidupan manusia yaitu Kitabullah (Al-Quran) dan Sunnah Nabi (Al-Hadits). Begitupun dalam pengambilan sebuah […]

Pondok Pesantren Hidayatullah Depok – Begitu sempurnanya ajaran Islam sehingga seluruh aspek dalam kehidupan manusia, baik aspek ibadah (hubungan manusia dengan Allah SWT) maupun aspek muamalah (hubungan manusia dengan sesama manusia), baik perkara yang sepele maupun yang berat sudah diatur dalam petunjuk kehidupan manusia yaitu Kitabullah (Al-Quran) dan Sunnah Nabi (Al-Hadits).

Begitupun dalam pengambilan sebuah keputusan dalam menyangkut kemaslahatan banyak orang. Allah SWT. Dalam firmannya menyuruh kita untuk bermusyawarah dengan mengedepankan kepentingan bersama dibandingkan dengan kepentingan ego pribadi.

Firman Allah SWT Q.S. Ali Imran: 159
وَشَاوِرْهُمْ فِي الأمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ
Artinya: “,,, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” (Q.S. Ali Imran: 159)

وَاَمۡرُهُمۡ شُوۡرٰى بَيۡنَهُمۡۖ وَمِمَّا رَزَقۡنٰهُمۡ يُنۡفِقُوۡنَ‌ۚ…
Artinya: “sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka; dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.” (Q.S. Asy-Syura: 38)

Pondok Pesantren Hidayatullah (PPH) Depok yang menjadi wadah/organisasi bagian dari Ormas Hidayatullah menyelenggarakan Musyawarah Kerja (Muker) Pondok Pesantren Hidayatullah Depok Tahun Anggaran 2022. Dengan tema: Standardisasi, Sentralisasi dan integrasi Sistemik untuk Peningkatan Mutu Pendidikan dan Dakwah Tahap I.

Musyawarah kerja PPH Depok merupakan Musyawarah tahunan untuk merancang dan merencanakan program-program strategis dan praktis yang diikuti oleh seluruh Pembina, Pengawas, dan Pengurus serta struktur Unit di lingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah Depok.

“Program yang kita angkat di tahun 2022 ini berdasarkan rencana strategis 5 tahun adalah peningkatan mutu pendidikan dan dakwah tahap I, di tahun depan akan kita angkat kembali di tahap II dan berikutnya adaah kemandirian ekonomi serta yang terakhir adalah kampus kita menjadi rujukan oleh kampus hidayatullah di seluruh Indonesia”. Tutur Ust. Lalu dalam sambutan sekaligus memaparkan rencana strategis 5 tahun PPH Depok.

Adapun musyawarah kerja bertujuan untuk:

  1. Mendengarkan Laporan akhir tahun Pengurus 2021;
  2. Menetapkan Perubahan Antar Waktu Struktur Pengurus Yayasan dan atau Unit Kegiatan;
  3. Mengubah dan menetapkan peraturan-peraturan YPPH Depok;
  4. Menetapkan program kerja selama 1 (satu) Tahun (Januari-Desember 2022);
  5. Menetapkan Rencana Anggaran dan Belanja 1 (satu) tahun;

Kegiatan ini juga dirangkai dengan acara penugasan & pelepasan kader terbaik PPH Depok yaitu:

  1. Ustadz Lailman, S.H.I & Ustadzah Halimatus ‘Aida (Istri) yang ditugaskan ke Hidayatullah Batam.
  2. Ustadz Sapriyadi, S.E & Ustadzah Yuyun Wahyunisa, S.Pd. (Istri) yang ditugaskan ke Hidayatullah Papua.

Suasana haru pun mewarnai acara tersebut, air mata juga isak tangis tak terbendung melepaskan sahabat serta guru yang selama ini berjuang bersama di PPH Depok.
Satu kata yang seirama disampaikan oleh keduanya “Kami Sami’na wa Atha’na”. Ujar keduanya dalam sambutan perpisahannya.

Acara tersebut ditutup dengan taujih kelembagaan dari pembina PPH Depok KH. Abu ‘Ala Abdullah, M.H.I..
“Dalam membangun peradaban islam maka kita harus mulai dari diri kita sendiri, keluarga, sekolah dan masyarakat. Yaitu dengan menyiapkan kader dengan tarbiyah, mencerahkan masyarakat dengan anggota dan membangun kepemimpinan dengan doktrin sam’an watho’atan”. Tuturnya.

Semoga dengan ikhtiar mencerdaskan generasi bangsa dengan program pendidikan dan dakwah Allah mudahan kita untuk mencapai visi besar hidayatullah yaitu terbangunnya peradaban islam dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat kita. aamiin

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply