Camp Al-Quran dan Bakti Sosial, Asah Kepedulian Mahasiswa STIE Hidayatullah Depok

 0
Camp Al-Quran dan Bakti Sosial, Asah Kepedulian Mahasiswa STIE Hidayatullah Depokby Admin3on.Camp Al-Quran dan Bakti Sosial, Asah Kepedulian Mahasiswa STIE Hidayatullah DepokPondok Pesantren Hidayatullah Depok – Bencana secara umum disebabkan oleh faktor kejadian alam (natural disaster) maupun oleh ulah manusia (man-made disaster). Sebagaimana yang Allah SWT. Firmankan di dalam Al-Quran: ظَهَرَ ٱلْفَسَادُ فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِى ٱلنَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ ٱلَّذِى عَمِلُوا۟ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ Artinya: Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena […]

Pondok Pesantren Hidayatullah Depok – Bencana secara umum disebabkan oleh faktor kejadian alam (natural disaster) maupun oleh ulah manusia (man-made disaster). Sebagaimana yang Allah SWT. Firmankan di dalam Al-Quran:

ظَهَرَ ٱلْفَسَادُ فِى ٱلْبَرِّ وَٱلْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِى ٱلنَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ ٱلَّذِى عَمِلُوا۟ لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Artinya: Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

Bencana atau musibah tidak bisa ditebak kapan datangnya. Manusia mungkin bisa memperkirakan potensi bencana dengan melihat fenomena-fenomena alam. Namun kepastian kapan terjadinya bencana tersebut berada di luar jangkauan manusia.

Salah satunya adalah bencana banjir yang melanda perkampungan Desa Ciloto, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Rabu/16/02/2022. yang bertepatan dengan lokasi Mahasiswa STIE Hidayatullah melaksanakan Daurah Al-Quran.

Para mahasiswa yang kendatinya sedang menjalani Daurah Al-Quran selama 40 Hari. Bergerak cepat membantu evakuasi korban banjir dengan bakti sosial membersihakan rumah warga yang terendam pasca banjir.

“Sampai siang tadi masih terus melakukan kegiatan pasca banjir. butuh asupan yang cukup supaya mereka tidak jatuh sakit satu sisi kondisi logistik sudah menipis”. Ujar Ust. Sadam selaku Ketua STIE Hidayatullah Depok.

Dalam pantauan melalui tim di lapangan menuturkan bahwa, tingginya luapan aliran sungai cikundul meluap hingga tempat Daurah.

“Kondisi mahasiswa saat ini tidak bisa masak, karena dapur juga terkena dampak”. Ujarnya Ust, Sadam.

“Salah satu hikmah dengan adanya musibah ini mahasiswa tidak hanya didik untuk menjadi mualim, tapi juga terbentuk jiwa sosialnya” Imbuhnya

Dan sesungguhnya Allah SWT. Telah memberikan kabar gembira bagi hambanya yang sedang mengalami ujian/ atau di timpa musibah.

Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,

(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali).

Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (Q.S. Al-Baqarah: 143)

Semoga Allah SWT. Memberikan ganti yang lebih baik dari ujian tersebut dengan mengucapkan doa yang Rasulullah SAW. Ajarkan:

اللهُمَّ أْجُرْنِي فِي مُصِيبَتِي، وَأَخْلِفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا

Ya Allah, berilah pahala kepadaku pada musibah yang menimpaku dan berilah ganti kepadaku dengan sesuatu yang lebih baik darinya.

Aamiin

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply