Tasmi’ 5 Juz, Asah Kemampuan Hafalan Santri

 0
Tasmi’ 5 Juz, Asah Kemampuan Hafalan Santriby Admin3on.Tasmi’ 5 Juz, Asah Kemampuan Hafalan SantriPondok Pesantren Hidayatullah Depok – Di antara nikmat Allah yang terbesar kepada umat Islam adalah Allah menurunkan mukjizat berupa Al-Quran melalui risalah Nabi Muhammad ﷺ. Yang di dalamnya memuat seluruh pedoman, penjelasan serta petunjuk kehidupan di dunia dan di akhirat. Firman Allah SWT: هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ “Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan […]

Pondok Pesantren Hidayatullah Depok – Di antara nikmat Allah yang terbesar kepada umat Islam adalah Allah menurunkan mukjizat berupa Al-Quran melalui risalah Nabi Muhammad ﷺ. Yang di dalamnya memuat seluruh pedoman, penjelasan serta petunjuk kehidupan di dunia dan di akhirat.

Firman Allah SWT:

هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

“Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

Sebagai pengingat bagi orang-orang yang beriman. Nasihat bagi orang-orang yang bertakwa. Hidayah bagi orang-orang yang mengamalkannya. Kebaikan bagi para hamba. Dan kemuliaan serta kesuksesan di dunia dan akhirat.

Di antara keistimewaan Al-Quran adalah Allah SWT mudahkan ia dengan semudah-mudahnya bagi siapa saja yang membaca, mempelajari, menghafal serta mengamalkannya. Sebagaimana berfirmannya;

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?” (QS. Al-Qamar: 17).

Dalam rangka mengasah kemampuan hafalan peserta didik, SMP Integral Hidayatullah Depok menggelar Tasmi’ 5 Juz (Setoran hafalan 5 Juz dalam satu kali duduk). Rabu, 16/2/2022.

Program tersebut merupakan program wajib bagi siswa yang telah menyelesaikan 5 juz hafalannya.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah sebagai persiapan mental serta menguji kemampuan hafalan santri untuk di ujian terbuka nanti.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai ujian tertutup untuk menguji kualitas hafalan murid sebelum dinyatakan lulus dan dapat mengikuti ujian terbuka di hadapan penguji tamu dan murid-murid lainnya”. Ujar Ustadzah Sarah selaku Kepala Sekolah SMP Integral Hidayatullah Putri.

Menjaga hafalan tidaklah mudah, dibutuhkan keistiqamahan serta kesabaran yang tinggi. Oleh karena itu bagi Ananda yang telah menyelesaikan Tasmi’ 5 Juz akan diberikan reward oleh sekolah.

Klik gambar untuk informasi pendaftaran.

“Kami memahami bahwa menjaga hapalan Al-Quran bukanlah hal yang mudah, butuh konsistensi dan tekad yang tinggi. Kegiatan Tasmi’ Quran merupakan salah satu cara menjaganya”.

Bagi murid yang lulus dalam ujian tertutup dan terbuka akan diberi reward berupa tabungan di BTH (Baitut Tamwil Hidayatullah). Imbuh Ustadzah Sarah dalam wawancaranya.

Dengan diadakannya apresiasi berupa materi maupun non materi tersebut murid berfastabiqul khairat untuk segera menyelesaikan hapalannya dan dinyatakan lulus agar dapat melanjutkan hapalan ke 5 Juz ke-dua.

Semoga Allah Senantiasa memberikan kita semua kesabaran dan keistiqamahan dalam mempelajari serta mengamalkan Al-Quran. Aamiin

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts

Leave a Reply